Rabu, 24 Maret 2010

Anak Punk pun Bisa Patah Hati


Anak punk ternyata tidak kebal dengan yang namanya patah hati. Maka Arok (Vino G Bastian) pun nekad hendak bunuh diri dari atap gedung Departemen Agama di Malang.

Muasal Arok ingin bunuh diri klise. Maia (Girindra Kara), kekasihnya bakal menikah dengan cowok Jakarta bernama Andra. Untung teman-teman satu geng Arok yaitu Yoji (Andhika Pratama), Almira (Aulia Sarah), dan Mojo (Yogi Finanda) berhasil meyakinkan Arok untuk membatalkan niatnya. Cukup dengan satu kalimat sakti, “Kalo berani bunuh diri, kenapa nggak berani menyatakan cinta?”

Bermodal duit alakadarnya, empat sekawan ini lalu nekad berangkat ke Jakarta dengan misi menggagalkan pernikahan Maia-Andra. Berbagai rintangan mereka lalui termasuk nyasar ke Bromo, terjebak banjir di Semarang, mendadak sakit di Cirebon, sampai digebuki preman di Jakarta. Semua halangan ini bukannya membuat mereka patah semangat, tapi malah bikin persahabatan mereka makin erat.

Punk In Love memang bukan film tentang anak punk. Bukan juga film tentang cinta. Film garapan sutradara Ody C Harahap ini adalah film tentang persahabatan. Cuma kebetulan empat sekawan ini berdandan ala anak punk. Buktinya, meski suka musik punk, salah satu dari mereka diam-diam juga suka dangdut.

Cuma ada beberapa adegan yang mengisyaratkan ke-punk-an para tokoh utama, misalnya sebatas celetukan-celetukan seperti, “Anak punk kok pake baju basket?” dan satu adegan saat mereka tiba-tiba membahas filosofi punk. Sisanya, jalinan cerita yang mudah ditebak, berisi penuh adegan slapstick dan kelakar yang malah tidak lucu.

Beberapa adegan memang sukses memancing tawa. Terutama adegan-adegan yang melibatkan tokoh Mojo. Tapi ini lebih disebabkan akting Yogi Finanda yang paling maksimal dibandingkan aktor-aktor lain di film ini. Keseriusan dan kelucuan yang dibawakan Yogi Firnanda sangat pas dan natural.

Andhika Pratama juga main cukup bagus, apalagi karena dia satu-satunya aktor yang fasih berbahasa Jawa. Tapi rasanya agak aneh melihat anak punk berambut jigrak tapi berwajah indo. Yang agak kurang malah Vino G Bastian. Sebagai aktor yang ‘paling beken’ yang dipajang di poster film, aktingnya malah terkesan berlebihan.

Yang tak kalah menarik, dalam film produksi MVP Pictures ini penonton akan banyak disuguhi subtitle. Pasalnya, nyaris dalam separuh film tokoh-tokohnya bicara dalam bahasa Jawa

1 komentar:

  1. YOYOYO GUA SUKA GAYA LOE .....
    EMAnk bnr Eahh aNak punK 2CH bishA PAtACH hatie...........

    BalasHapus